[PEMBARUAN] Aplikasi Jejak Kaki




Deskripsi 
Aplikasi Jejak Kaki adalah aplikasi yang mencatat titik koordinat GPS dari lokasi yang telah dilewati dan menyimpannya dalam bentuk nilai latitude dan longitude. Aplikasi ini akan menampilkan visualisasi titik-titik koordinat lokasi tersebut ke dalam tampilan peta online sehingga pengguna dapat menelusuri kembali lokasi atau lintasan yang telah dilalui.


Fitur dari aplikasi ini yaitu :

  • Pengguna dapat mencatat koordinat lokasi dari tempat atau jalan yang telah dilewatinya dan menyimpannya secara urut dari koordinat lokasi paling awal sampai koordinat lokasi paling akhir.
  • Pengguna dapat melihat riwayat koordinat lokasi yang telah dicatat dalam bentuk lintasan jalur atau titik-titik lokasi GPS di dalam peta online yang disediakan di dalam aplikasi.
  • Pengguna dapat membagikan daftar koordinat lokasi yang telah dicatat kepada pengguna lain melalui pesan teks, email, ataupun ke jejaring sosial yang tersedia di perangkat. Daftar koordinat yang dibagikan berupa daftar koordinat latitude dan longitude yang tersusun secara urut dari lokasi awal sampai lokasi akhir. Dengan demikian, pengguna yang menerima kiriman daftar koordinat dapat melacak pengguna yang mengiriminya melalui bantuan peta online.
  • Pengguna Jejak Kaki lainnya yang menerima kiriman teks daftar koordinat lokasi, dapat mengkonversi teks koordinat lokasi tersebut menjadi titik-titik lokasi dengan bantuan menu Konversi Catatan Jejak.
  • Tersedia daftar nomor kontak penting dan darurat seperti ambulan, nomor telepon pihak berwajib, nomor tim pencarian, dll jika sewaktu-waktu pengguna aplikasi ini tersesat atau butuh bantuan darurat. Pengguna dapat menambahkan nomor kontak penting lainnya dengan mudah ke dalam aplikasi.
  • Mencatat lokasi kini dapat dilakukan dengan atau tanpa koneksi GPS. Yang mana hanya mengandalkan sinyal GSM atau internet saja untuk pengambilan lokasinya. Konsekuensinya adalah lokasi yang dicatat menjadi tidak akurat jika menggunakan koneksi internet aktif dan koneksi GPS aktif. Mode ini membutuhkan akses lokasi dengan mode Hemat Daya (Battery Saving) di setelan lokasi perangkat anda.


Aplikasi ini membutuhkan koneksi seluler dan mode pengambilan lokasi yang aktif dari jaringan seluler atau GPS. Untuk menampilkan peta online, dibutuhkan koneksi internet agar data peta bisa diambil dari server internet. Selain itu pastikan di perangkat anda terpasang Google Maps dan Google Play dengan versi terkini.





Pada versi 2.0.0 ini, ada beberapa perubahan dan perbaikan, yaitu :
- Peralihan metode pengambilan lokasi ke Google Location API sehingga lebih handal dan lebih irit sumber daya baterai.
- Penyesuaian metode pengambilan lokasi untuk Android versi 6.0 ke atas.
- Penambahan daftar nomor kontak penting yang bisa dihubungi jika kondisi darurat atau tersesat.
- Pencatatan lokasi kini bisa hanya mengandalkan koneksi internet dan sinyal seluler saja.
- Pencatatan lokasi kini bisa mencatat tanpa memerlukan koneksi internet, asalkan sinyal telepon seluler tersedia dalam jangkauan.
- Peningkatan performa dan kestabilan untuk proses pencatatan lokasi di balik layar.
- Peningkatan performa ketika menampilkan peta yang titik lokasinya banyak, karena titik-titik yang berdekatan akan otomatis dikelompokkan menjadi satu kelompok (cluster) dari titik tengah lokasi berdekatan tersebut.


Aplikasi ini dapat diunduh di
Google Play :
https://play.google.com/store/apps/details?id=gulajava.jejak
http://bit.ly/JejakKakikuGPS

Get it on Google Play



Tangkapan layar (screenshoot) dari aplikasi ini dapat dilihat di :
https://goo.gl/photos/UBYvpuFPivreyZEY8


Presentasi Penjelasan Singkat Tentang Apa itu Jejak Kaki, dapat dilihat di :
https://goo.gl/Hv58kS

Riwayat lintasan lokasi yang tercatat di dalam aplikasi ini hanya tersimpan di dalam aplikasi Jejak Kaki. Sehingga jika anda ingin membagikan riwayat lokasi dengan orang lain,  anda perlu ke halaman Detail Lintasan, kemudian tekan tombol dengan ikon Bagikan pada pojok kanan atas halaman. Anda akan diberikan jendela pilihan untuk membagikan ke pesan teks atau jejaring sosial yang terpasang diperangkat anda, dan silahkan pilih satu.

Riwayat bisa anda hapus dengan mengakses halaman Riwayat Lintasan, dan memilih tombol ikon hapus yang berada di pojok kanan atas aplikasi. 


Jika ditemukan error, pertanyaan, kritik dan saran, bisa silahkan kirim ke email kami di :
gulajava.mini@gmail.com










Comments

Popular posts from this blog

[BERBAGI] Aplikasi Web Jam Dinding Digital

[RILIS] Aplikasi Pengingat Berdiri

Penerapan Sistem Boarding Pass dan Check-in Mandiri Stasiun Kereta Api