[RILIS] Aplikasi Web, Kalkulator Nilai Pelajaran








Aplikasi sederhana berbasis web yang bernama Kalkulator Nilai Pelajaran ini adalah aplikasi untuk menghitung nilai akhir atau nilai perkiraaan dari suatu nilai mata pelajaran di sekolah. Parameter nilai yang dibutuhkan untuk menghitung nilai akhir, yang dibutuhkan oleh aplikasi ini, yaitu rata-rata Nilai Tugas, nilai Ujian Tengah Semester (UTS), dan nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Aplikasi ini dapat diakses melalui tautan link berikut ini :


atau yang lebih singkat :
http://bit.ly/KalkulatorNilaiPelajaran

Hasil perhitungan nilai akan ditampilkan dalam bentuk nilai akhir yang merupakan penjumlahan dari ketiga nilai di atas, setelah dikalikan dengan persentase nilai yang dibutuhkan dari masing masing parameter nilai tugas, nilai UTS, dan nilai UAS. Selain itu, hasil perhitungan akan menampilkan peringkat nilai akhir dalam parameter huruf alphabet yaitu nilai A, nilai B, nilai C, nilai D, dan nilai E. Terdapat juga nama predikat nilai terhadap masing-masing peringkat, yaitu Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang.

Setelan Penghitung dan Persentase
Di dalam aplikasi web ini, persentase dari masing-masing nilai tugas, nilai UTS, dan nilai UAS dapat disetel sesuai kebutuhan pengguna. Setelan persentase nilai tersebut, sudah disetel pertama kali sedemikian hingga, sehingga persentase dari rata-rata nilai tugas menjadi 20 % , persentase nilai UTS adalah 35 % , dan persentase nilai UAS adalah 45 % .Total keseluruhan dari persentase masing-masing nilai tersebut adalah harus 100 % .
Namun, persentase masing-masing nilai tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan penghitungan nilai akhir. Yaitu dengan membuka Setelan Kalkulator Nilai, melalui menu yang ada di pojok kanan atas halaman .









Membuat Pintasan di Layar Utama Smartphone Android, agar web menjadi tampak seperti aplikasi native Android

Untuk membuat aplikasi ini dapat diakses langsung dari halaman utama smartphone Android anda, anda perlu membuat pintasan untuk aplikasi web ini melalui browser Google Chrome. 
Caranya adalah buka situs Kalkulator Nilai Pelajaran dengan browser Google Chrome. Kemudian pilih menu Google Chrome di pojok kanan atas, kemudian pilih Add To Home Screen. Sistem operasi Android dan Google Chrome pun akan membuat pintasan halaman web Kalkulator Nilai, dan memasangnya layaknya aplikasi Android seperti biasa. Dengan membuat pintasan ke halaman utama smartphone Android anda, maka aplikasi dapat berjalan lancar meskipun tanpa koneksi internet. Silahkan lihat tangkapan layar di bawah ini untuk lebih jelasnya.








Untuk tangkapan layar aplikasi yang lain, bisa dilihat langsung di halaman Google Photos berikut ini:
https://photos.app.goo.gl/41zAPyLpEoFdCiXA3

Comments

Popular posts from this blog

[BERBAGI] Aplikasi Web Jam Dinding Digital

Penerapan Sistem Boarding Pass dan Check-in Mandiri Stasiun Kereta Api

[RILIS] Aplikasi Pengingat Berdiri